Tugas 1 PPL
Deskripsi Perancangan Perangkat Lunak
Deskripsi Perancangan Perangkat Lunak adalah panduan penting bagi berbagai pihak yang terlibat dalam pengembangan perangkat lunak, termasuk tim pengembang, arsitek perangkat lunak, manajer proyek, pemangku kepentingan bisnis dan teknis, serta pengguna akhir. Dokumen ini memberikan gambaran tentang desain arsitektur perangkat lunak, komponen-komponen utama, interaksi antar komponen, dan fungsionalitas utama yang akan dibangun. Dengan demikian, dokumen ini memastikan bahwa semua pihak memahami tujuan, desain, dan fungsi perangkat lunak yang akan dikembangkan.
Proses pengembangan perangkat lunak memiliki beberapa tahapan yang dilakukan diantaranya adalah pengumpulan kebutuhan, analisis, perancangan, implementasi, pengujian dan pemeliharaan. Tahapan analisis merupakan tahapan dalam memodelkan masalah yang dihadapi dalam pengembangan perangkat lunak, sedangkan tahapan perancangan adalah tahapan dalam memodelkan solusi pengembangan perangkat lunak.Kebutuhan atau persyaratan perangkat lunak sebaiknya divalidasi agar perangkat lunak dinyatakan aman dan mendapatkan validasikebutuhan yang konsisten [1]. Memodelkan kebutuhan dapat dilakukan berdasarkan jenis perangkat lunaknya. Apabila perangkat lunak berorientasi proses maka dapat menggunakan DFD (Data Flow Diagram) dan ERD (Entity Relationship Diagram). Sedangkan jika perangkat lunak berorientasi objek dapat menggunakan bahasa standar pemodelan yakni UML (Unified Modeling Language). Terdapat masalah dalam pemodelan perangkat lunak khususnya bagi pengembang perangkat lunak pemula ketikaberhadapan dengan lisensi software dan ketidakpahaman instalasi[2][3]. Aplikasi pemodelan perangkat lunak khususnya perangkat lunak berorientasi objek yang terkait diantaranya adalah [4], yang membahas mengenai alat pengujian eksperimentalbernama FlexiView yang digunakan untuk menguji aplikasi pemodelan kebutuhan.Perancangan aplikasi pemodelan kebutuhan merupakan salah satu tahapan yang penting, jika dikaitkan dengan pendekatan pengalaman pengguna akhir (end user). Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan UCD (User Centered Design) yang merupakan konsep perancangan dengan melalui pendekatan terhadap pengguna aplikasi. Tujuan penggunaan metode ini adalah membantu dalam menentukan keseuaian interface aplikasi berdasarkan daya tarik pengguna aplikasi. Perancangan akan dibuat dalam bentuk mockup yang disesuaikan dengan karakteristik penggunayang relevan.
Perancangan Arsitektur (Architectural Design)
Perancangan Algoritma
Interface:
Komentar
Posting Komentar