Tugas 7 APSI

 Model Proses


Definisi Model Proses


Proses modelling adalah cara untuk menggambarkan secara resmi bagaimana sebuah bisnis beroperasi. Melalui proses modelling, aktivitas-aktivitas yang dilakukan dan perpindahan data antara aktivitas-aktivitas tersebut akan diilustrasikan. Ada berbagai cara untuk menggambarkan model proses, dan salah satu cara populer adalah dengan menggunakan data flow diagram (DFD).


Definisi Data Flow Diagram (DFD)


Data flow diagram (DFD) adalah representasi visual dari alur sistem. Biasanya, DFD digunakan oleh para profesional di bidang sistem informasi. Terdapat dua jenis DFD, yaitu DFD Logis yang menggambarkan proses tanpa memberikan detail tentang implementasinya, dan DFD Fisikal yang menggambarkan model proses beserta implementasi pemrosesan informasinya. DFD terdiri dari empat elemen utama:


1. Proses

Aktivitas atau fungsi yang dilakukan untuk tujuan bisnis tertentu, baik secara manual maupun terkomputerisasi.


2. Data flow

Aliran data tunggal atau kelompok data logis yang dimulai atau berakhir pada suatu proses.


3. Data Store

Tempat penyimpanan data dalam bentuk tertentu. Data yang mengalir akan disimpan dalam data store, dan data store tersebut dapat diperbarui atau ditambahkan dengan aliran data baru.


4. Entitas Eksternal

Individu, organisasi, atau sistem yang berada di luar sistem yang berinteraksi dengan sistem tersebut. Setiap elemen ini akan diwakili oleh simbol khusus untuk membedakannya satu sama lain. Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk menggambarkan elemen-elemen tersebut.


Berikut adalah contoh penerapan proses modelling dalam kasus transaksi di supermarket Transmart menggunakan metode pembayaran Allo Bank.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETS PWEB B

Tugas 4: Aplikasi WPF (UI Dashboard)

ETS PBKK A